universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Cara Membuat Blog Sendirian sampai jadi Blogspot atau .Com

Bagaimana cara membuat blog website sendirian? Semua ini bisa dilakukan karena semuanya ada di google, gmail, blogger.com, webmaster tools dan penyedia nama domain .com. Untuk pemula yang ingin membuat blog baru, tinggal ikuti langkah-langkah cara buat blog baru berikut ini.

Cara buat website gratis dapat dilakukan menggunakan blogger.com/blogspot, wordpress, dan banyak lagi platform lainnya. Blogger dan Wordpress adalah gratis, dan akan berbayar apabila nanti mengganti nama blog menjadi nama domain, seperti pada tulisan nama domain. Pemula paling banyak menggunakan blogger/blogspot yang gratis karena mudah dan praktis, tidak berbayar, milik google dan relatif mudah tampil di halaman pertama google searching.

Berikut ini dipaparkan cara membuat blog website. Langkah setiap langkah bisa diikuti langsung oleh pengunjung yang ingin membuat blog baru.


Memulai Buat Blog Baru


Ketik blogger.com di searching/penelusuran google, atau klik langsung dari sini https://www.blogger.com/about/
Tergantung versi baru atau lama, biasanya akan tampil salah satu gambar di bawah ini > lalu klik.

buat blog

cara membuat blog

Masukkan email (harus google mail) dan password jika sudah memiliki email. Atau buat email baru dengan klik buat akun/sign up/register. Untuk diketahui bahwa satu email google (bukan email yahoo), dapat mengaktifkan aplikasi google lainnya seperti gmail, youtube, google+, google drive, webmaster tools, google adword, dan lainnya.

Isi Formulir Email Baru


Untuk email baru, Isi formulir akun baru: nama (2 kata), username (nama email), password dan confirmasi password harus sama keduanya. Tanggal lahir di isi bulan, tanggal, tahun, kelamin pilih laki atau perempuan. Normor telepon sebaiknya diisi saja dengan nomor yang aktif untuk terima sms, karena google akan mengirim sms untuk konfirmasi. Current email dikosongkan saja. Isi kode capta dengan huruf atau nomor yang sudah diberikan oleh gambar capta, centang aku setuju (I agree). Jika semua sudah terisi maka klik lanjut (next step).


blog baru blog baru

Klik no thanks (tidak) pada profil google+ agar lebih cepat

cara membuat blog

Klik kembali ke blogger (back to blogger)

cara membuat blog

Klik lanjut (continue to blogger)

buat blog

Klik new blog (blog baru)

buat blog

Isi Formulir Buat Blog Baru


Untuk yang sudah punya email, atau bisa menggunakan email yang dipake di smartphone, langkah sebelumnya tidak perlu dilakukan lagi. Cukup ketik blogger.com di google > isi email dan password > lalu isi formulir blog baru seperti gambar di bawah ini.

Judul/title isikan maksimum 70 huruf, jangan terlalu panjang. Address/alamat atau nama website blog diisi singkat misalnya dua kata. Jika nama blog tersebut dibolehkan maka ada tulisan available/tersedia. Pilih gambar bentuk tampilan website blog (pilih saja simple/sederhana karena nanti bisa diubah). Terakhir klik create blog

buat blog baru

Kemudian muncul gambar seperti di bawah ini sebagai tanda blog baru sudah berhasil dibuat. Gambar tersebut adalah tampilan awal setiap membuka blog. Blog yang sudah dibuat ini dapat dibuka setiap saat. dengan cara ketik blogger.com di google, lalu enter.

blog baru

Perhatikan gambar di atas, nomor 1 untuk mengisi tulisan di website blog, nomor 2 untuk melihat menu-menu panduan yang tersedia di website blog dan nomor 3 adalah untuk melihat bentuk tampilan website blog. Tampilan website blog baru tersebut masih sangat sederhana, karena belum ada tulisan dan bentuk tampilannya belum diganti.

Cek Blog Baru di Google


Blog baru blogspot yang baru saja dibuat, kadang cepat atau butuh beberapa jam baru bisa muncul di google. Cara mengetahuinya adalah ketik nama website tersebut di google, lalu enter. Hasilnya seperti contoh di bawah ini yang berhasil muncul di google setelah dibuat 1 hari sebelumnya.

blog baru

Mulai Menulis Artikel


Blog baru yang sudah dibuat, bisa di setel atau disempurnakan agar lebih baik tampilannya. Tetapi untuk pemula prioritaskan untuk mulai mengetik sebuah tulisan artikel. Lihat cara menulis artikel di blog.

Daftarkan-Verifikasi-Submit Sitemap


Setelah 2- 3 tulisan/artikel blog, segera daftarkan blog tersebut ke search engine google dan bing/yahoo. Tidak hanya mendaftarkan, tetapi juga verifikasi, kirim sitemap, hingga setting perayapan semuanya di webmaster tools. Lihat caranya di webmaster untuk mendaftar verifikasi sitemap perayapan blog baru.

Demikian langkah-langkah cara membuat blog baru, semoga bermanfaat bagi pemula yang ingin punya website sendiri untuk menuliskan hobi, keahlian atau organisasi hingga bisa sebagai sumber pendapatan dari iklan.


Share:

No comments:

Post a Comment